Dalam dunia marketing, ada banyak jenis marketing yang biasa digunakan. Salah satu yang paling banyak dipakai dan hasilnya paling memuaskan adalah social media marketing. Strategi ini sesuai dengan perkembangan zaman, di mana masyarakat sudah terbiasa menggunakan media sosial dan membuat social media marketing strategy bisa diarahkan ke sasaran yang sesuai.
Dengan biaya yang lebih mudah dalam mempromosikan produk, jasa, maupun layanan bisnis, hanya dengan memanfaatkan keberadaan sosial media, tak heran banyak perusahaan yang memilih untuk menjalankan ketimbang marketing konvensional. Bukan tanpa alasan, sebab perusahaan pun telah merasakan manfaat dari menggunakan teknik marketing yang satu ini, lebih efektif dan efisien salah satunya.
Untuk memahami secara lebih jelas mengenai digital marketing, Anda bisa belajar online dari materi pembelajaran daring berikut ini:
Pengertian Social Media Marketing
Social media management yang baik akan membantu Anda lebih mudah dalam menjalankan strategi marketing yang tepat sasaran dengan memanfaatkan media sosial, apalagi jika Anda memiliki admin sosial media yang terpisah job desc dan bertugas secara khusus memastikan campaign di media sosial bisa berjalan dengan baik.
Apa penjelasan lengkap pengertian social media marketing? Jika dijabarkan secara sederhana, yang dimaksud sebagai marketing sosial media adalah sebuah proses marketing yang dilakukan perusahaan dengan memanfaatkan media sosial. Contohnya melalui Twitter, Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, dan masih banyak lagi.
Sementara menurut Hubspot mengenai pengertian marketing sosial media, artinya sebuah tindakan seseorang yang membuat konten. Kemudian konten yang dibuat itulah yang akan membuat masyarakat tertarik pada produk, jasa, maupun layanan bisnis Anda.
Kemudian menurut seorang pakar social media marketing strategy, yaitu Neil Patel, disebutkan jika social media marketing berguna untuk menarik perhatian audience, sehingga mereka pun tertarik untuk melakukan interaksi dalam konten tersebut.
Jenis-jenis Social Media Marketing yang Paling Populer
Dengan perkembangan teknologi yang terus berubah, maka media sosial baru pun terus bermunculan. Mungkin ada yang tak berhasil dan gagal, tetapi banyak pula yang bertahan serta merajai pasaran. Jika saat ini Anda ingin menerapkan strategi marketing di media sosial, maka Anda bisa mencoba beberapa jenis social media marketing berikut ini:
Melalui Video Pendek
Jenis yang pertama adalah melalui video pendek dengan durasi 30 detik hingga 60 detik panjangnya, tergantung media sosial apa yang digunakan. Beberapa media sosial juga memungkinkan Anda mengunggah video hingga 3-4 menit lamanya, atau sampai berjam-jam seperti YouTube. Namun semakin panjang durasi videonya, semakin sulit mempertahankan audiens supaya tetap menonton video Anda.
Maka dari itu, lebih efektif untuk mempromosikan bisnis Anda lewat video pendek. Buatlah menarik dan sarat akan informasi penting mengenai produk, jasa, maupun layanan yang hendak Anda tawarkan.
Infografis yang Menarik
Dibutuhkan jasa seorang desain grafis yang mumpuni untuk membuat konten marketing jenis yang satu ini. Dengan kata lain, informasi mengenai promosi atau iklan yang Anda lakukan disajikan dalam bentuk gambar infografis. Pengertian infografis adalah perpaduan informasi yang disajikan dalam bentuk visualisasi data sehingga mudah dipahami siapa pun yang membacanya. Proses membaca informasi penting dalam suatu infografis jauh lebih cepat dan praktis dibandingkan membaca dalam bentuk teks panjang 500 kata.
Giveaway
Ini merupakan salah satu jenis social media marketing yang ramai peminat dan menghasilkan engagement yang bagus. Sekalipun hadiahnya sedikit atau hanya sekadar seru-seruan, mayoritas audiens akan lebih aware terhadap produk dan brand Anda.